10 Juli 2011

SEPEDA FIXIE

Sudah lama sekali frame sepeda balap tua itu teronggok di gudang rumah. Sedari saya kecil frame itu sudah ada di sana, karatan dan tidak tahu akan diapakan. Itu adalah sepeda balap tua pemberian dari teman Ayah saya yang bahkan mereknya saja saya lupa ( karena tidak sempat saya foto). Semenjak fork sepeda itu patah, otomatis nasibnya menjadi salah satu penghuni gudang rumah kami. Mungkin suatu saat akan berakhir di tangan tukang loak. Sampai sebulan lalu Imam, dari redaksi Ridebike mengajak saya membuat sepeda fixie dengan budget murah meriah (maksimal 1,5 juta), terbersit ide untuk membangun kembali si buruk rupa yang teronggok di gudang ini menjadi cantik kembali.
Fixie (fixed gear), yang artinya sepeda dengan sistem gear roda belakang mati. Sistem ini biasa disebut doltrapatau roda gila, kemana pun roda berputar pedal akan mengikutinya baik itu maju ataupun mundur. Sepeda yang menggunakan doltrap dapat berjalan mundur jika digowes terbalik, sistem ini dimiliki oleh rodeo (sepeda roda satu) dan becak. Jadi untuk rem, kita harus memundurkan pedal sekuat mungkin. Kelemahan dari doltrapadalah saat sepeda melaju dengan kencang, pedal akan berputar sama kencangnya hingga akan susah untuk diberhentikan. Sepeda fixie jenis ini biasanya dilengkapi rem depan.
Seiring dengan selera dan kesukaan sepeda fixie dimodifikasi dengan mengunakan torpedo. Torpedo lebih mudah digunakan dibandingkan doltrap, karena saat ban berputar pedal tidak ikut berputar kecuali jika digowes, dan jika digowes mundur akan mengunci roda sehingga berhenti.
Ada juga hub dengan sistem flip flop. Ini merupakan sistem doltrap dan torpedo dalam satu hub yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan hanya dengan membalikkan ban (wheel set).
Jenis hub yang dipakai sepeda pada umumnya di dunia menggunakan jenis free wheel . Jika digowes maju maka roda akan maju, jika digowes mundur tidak berpengaruh terhadap putaran roda, dan menggunakan rem untuk menghentikan roda.
Mengapa diubah menjadi fixie? Mengapa tidak dijadikan sepeda balap saja? Itulah salah satu pertanyaan teman saya. Alasannya karena membangun fixie jauh lebih murah dan tidak memerlukan spare part mahal, berbeda jika saya membangun sepeda balap dengan part yang berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Bagaimana mengeremnya? Dengan digowes mundur. Itulah ciri khas sepeda fixie, dalam hal ini kita harus terbiasa mengerem sepeda dengan digowes mundur, namun demi keamanan tidak ada salahnya juga menambahkan rem depan.
Mengapa single speed? karena torpedo, atau pun doltrap tidak dapat menggunakan cassete sebagai salah satu syarat sepeda multispeed, (meskipun ada internal hub 3 speed yang menggunakan sistem torpedo) selain itu, karena sepeda fixie bersifat minimalis. Bersih tanpa ada kabel sedikit pun.
Mengapa harus merakit sendiri? Karena jauh lebih murah jika kita merakit sendiri. Beberapa merek sepeda seperti Specialized atau Giant mengeluarkan sepeda fixie yang harganya terlampau mahal dibandingkan jika kita merakitnya sendiri dari sepeda tua yang anggarannya dapat diatur sesuai kemampuan kita.
Haruskah dari frame sepeda balap?Pada umumnya iya, tetapi frame sepeda gunung pun dapat diubah menjadi fixie. Karena sepeda fixie akan terlihat cantik menggunakan pelek 700 (pelek sepeda balap), maka lebih mudah jika awalnya dimodifikasi dari sepeda balap.
Apakah harus dari frame besi? Karena umumnya sepeda fixie dimodifikasi dari sepeda tua yang masih terbuat dari besi agar mudah untuk di las dan dibentuk, lagipula sangat sayang jika Anda memiliki frame balap dengan bahan alumunium atau karbon diubah menjadi fixie (lebih baik tetap menjadi sepeda balap).
Amankah memakai fixie? Carilah bengkel fixie yang berpengalaman. Sepeda fixie meskipun ringan namun tidak dirancang untuk kecepatan. Selain karena single speed, doltrap atau torpedo agak susah jika harus rem mendadak, karena itulah demi keamanan dapat menambahkan rem depan. Frame sepeda fixie juga tidak sekuat sepeda gunung saat menghajar lubang dengan kecepatan tinggi. Jika ingin kecepatan, Anda lebih baik memakai sepeda balap.
Frame karatan itu pun akhirnya diangkut ke salah satu bengkel sepeda fixie di daerah Kebayoran Lama. Bengkel yang awalnya bengkel vespa ini, belakangan menjadi bengkel sepeda fixie karena banyaknya permintaan. Dengan dimodifikasi frame dan di cat ulang, kemudian saya membeli beberapa part sepeda dengan harga miring di Taman Sari, total pengeluaran hanya sekitar Rp.1.200.000,-.
Bagi Anda yang memiliki sepeda tua yang sudah karatan, ada baiknya jangan dibuang dahulu. Anda dapat membangunnya kembali menjadi sebuah sepeda cantik yang baru. Beberapa web galeri menampilkan sepeda fixie bisa menjadi referensi anda seperti: http://www.myfixedgear.net/ atau http://charikichi.tumblr.com/ galeri wanita Jepang dengan sepeda fixienya.
Fixie pun siap ditunggangi. Komunitas fixie di Indonesia pun bermunculan, biasanya sering berkumpul di daerah Menteng (Jakarta Pusat) atau di Bundaran HI. Sepeda yang dulunya buruk rupa, kini telah berubah menjadi Cinderella yang cantik.
Frame yang sudah di dempul dan diberi cat dasar
Frame yang sudah di dempul dan diberi cat dasar
Part sepeda murah meriah yang dibeli di Tamansari
Part sepeda murah meriah yang dibeli di Tamansari

Sepeda fixie pun siap ditunggangi
Sepeda fixie pun siap ditunggangi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar